Articles

  • Akar Masalah: ISE dan IEPCE
    7 November 2017 23:44

    Proses hipnoterapi, dalam upaya membantu klien mengatasi masalah, menggunakan dua pendekatan: tanpa memroses akar masalah dan memroses akar masalah.

    Khusus pada pendekatan kedua, memroses akar masalah, Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology (AWGI) mengembangkan dan mengajarkan teknik untuk menemukan dua jenis akar masalah yaitu ISE dan IEPCE.

    Apa itu ISE dan IEPCE? Apa perbedaan dan kesamaannya? Simak selengkapnya di artikel ini. 

    (Baca selengkapnya)

  • Hipnoterapis vs Genderuwo
    20 Oktober 2017 23:49

    Apa yang akan Anda lakukan, selaku terapis, bila di tengah proses terapi tiba-tiba klien Anda, dengan tetap menutup mata, marah, menunjuk wajah Anda, mengaku dirinya adalah gendruwo, dan menantang Anda? 

    (Baca selengkapnya)

  • Mencabut Masalah Perlu Hingga ke Akarnya
    20 Oktober 2017 23:44

    Ada dua pendekatan menyelesaikan masalah: dengan dan tanpa menyelesaikan akar masalah. Masing-masing pendekatan memiliki tingkat kesulitan dan keefektifan berbeda. 

    Kisah berikut ini menjelaskan mengapa suatu masalah tidak tuntas tertangani, walau telah menggunakan berbagai cara, dan bagaimana penanganan yang benar dapat mengatasi masalah pelik hanya dalam satu sesi terapi. 

    (Baca selengkapnya)

  • Antara Kesaksian, Klaim, dan Evidence-Based
    20 Oktober 2017 23:35

    Ada banyak pelatihan yang, katanya, mengajarkan tenik terapi efektif untuk mengatasi beragam masalah. Bahkan ada yang mengklaim dapat menyembuhkan hanya dalam waktu sekejap. 

    Bagaimana cara mencermati dan menentukan teknik yang benar-benar efektif agar tidak salah belajar? Artikel ini menjelaskan dengan gamblang hal-hal yang dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan penilaian objektif. 

    (Baca selengkapnya)

  • Fobia dan Cara Mengatasinya
    11 Oktober 2017 22:24

    Fobia, menurut American Psychiatric Association, adalah rasa takut irasional dan berlebih terhadap suatu objek atau situasi. Ada sangat banyak fobia. Seiring perkembangan jaman, muncul fobia-fobia baru seperti nomofobia atau ketakutan bila tidak memiliki akses atau kesempatan menggunakan telepon genggam. 

    Walau ada sangat banyak jenis fobia, secara prinsip kerja, sama. Apa penyebab fobia? Bagaimana fobia terbentuk? Bagaimana cara kerja fobia? Cara mengatasinya? 

    (Baca selengkapnya)

  • Saya Tidak Bisa Dihipnosis, Kata Siapa?
    19 September 2017 18:52

    Hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan dalam kondisi hipnosis. Dengan demikian, sebelum melakukan terapi, klien perlu dibimbing masuk ke kondisi hipnosis menggunakan teknik induksi. Namun, kerap dijumpai hipnoterapis berkata pada klien, "Anda masuk kategori orang yang tidak bisa dihipnosis." 
    Benarkah demikian? Apakah benar ada tipe klien yang tidak bisa dihipnosis? Ataukah terapis yang sebenarnya tidak mampu?

    (Baca selengkapnya)

  • Hipnosis dan Fenomenanya
    3 September 2017 18:18

    Hipnosis berkembang pesat di Indonesia sejak tahun 2004. Seiring perjalanan waktu, pemahaman awam tentang hipnosis saat ini sudah sangat jauh berbeda dengan waktu dulu. Walau demikian, dalam beberapa kali perjumpaan dengan klien di ruang praktik dan juga saat seminar publik, masih juga ada mispersepsi tentang hipnosis.

    Artikel ini menjelaskan pemahaman hipnosis yang benar dan juga tentang fenomena hipnotik, serta kedalaman hipnosis yang dibutuhkan untuk memunculkannya. 

    (Baca selengkapnya)

  • Hati-Hati dengan Sesat Pikir
    20 Agustus 2017 12:49

    Artikel ini mengulas kasus terapi seorang klien yang mengalami sesat pikir sehingga merusak relasi dengan sahabatnya. Sesat pikir sangat destruktif. Ia meliputi asumsi dan persepsi salah, mengakibatkan pemaknaan salah, muncul emosi yang mendorong respon perilaku. 

    Bagaimana mekanisme pemaknaan atas suatu kejadian hingga munculnya emosi, hubungan memori dan emosi, dan kerja pikiran bawah sadar? Apa itu pseudo-SSE?

    (Baca selengkapnya)

  • Mengatasi Hambatan dalam Proses Induksi Hipnosis
    17 Juli 2017 23:52

    Sebelum melakukan hipnoterapi, terapis perlu menuntun klien masuk kondisi hipnosis, mencapai kedalaman tertentu sesuai kebutuhan dan teknik intervensi yang digunakan, melalui proses yang dinamakan induksi. 

    Proses induksi tidak selamanya berlangsung mulus atau mudah. Ada faktor-faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya hambatan, baik pada terapis dan klien. 

    Apa saja faktor penghambat induksi hipnotik dan bagaimana cara mengatasinya?

    (Baca selengkapnya)

  • Penyakit Autoimun dan Hipnoterapi
    2 Juli 2017 22:24

    Penyakit autoimun hingga saat ini masih menjadi momok karena penyebabnya belum diketahui dan sulit disembuhkan. Yang kita ketahui adalah penyakit ini terjadi karena imun sistem menyerang sel atau jaringan tubuh sehat.

    Selain penanganan secara medis, salah satu terapi alternatif yang dapat membantu mengatasi penyakit autoimun adalah hipnoterapi. Artikel ini membahas apa itu autoimun, riset yang pernah dilakukan dalam bidang hipnosis/hipnoterapi untuk membantu klien autoimun, dan kisah terapi yang pernah dilakukan hipnoterapis AWGI menangani klien autoimun. 

    (Baca selengkapnya)

Upcoming Events
Counter
Online23
Hari ini1.398
Minggu ini16.725
Bulan ini45.097
Bulan lalu91.401
03 Facebook
04 @adiwgunawan
05 Tell Friends