Tentang Teknik, Proses, dan Biaya Terapi

16 Maret 2017 16:49

Saya dapat inbox dari calon klien. Yang pertama ia tanya adalah fee. Kedua, rincian teknik yang akan digunakan dalam membantu dirinya mengatasi masalah dan berapa biaya untuk tiap teknik. Dan ketiga, apakah ada pahe atau paket hemat. Maksudnya, terapi dengan sistem paket.

Saya agak bingung membaca pertanyaan kedua dan ketiga. Kalau soal fee, ini wajar. Klien perlu tahu di depan berapa biaya yang akan ia keluarkan. Untuk sesi terapi, kami, saya dan hipnoterapis AWGI, mensyaratkan komitmen hingga empat sesi. Artinya, bila dalam satu sesi belum tuntas maka terapi dilanjutkan ke sesi berikutnya hingga maksimal empat sesi. Bila sampai empat sesi belum juga tuntas maka terapis akan menyatakan tidak sanggup membantu klien dan menyarankan klien untuk minta bantuan pada terapis lain yang lebih cakap. Namun bila dalam satu atau dua sesi masalah klien telah berhasil diatasi maka tidak perlu lanjut ke sesi berikutnya.

Komitmen empat sesi ini berlaku baik untuk klien maupun terapis. Artinya, bila terapis, karena kondisi tertentu, tidak mungkin memberi terapi hingga empat sesi maka ia tidak boleh menerima klien ini. Ia perlu merujuk klien ke terapis lain.

Mengenai fee yang dihubungkan dengan teknik, setelah saya tanya lebih jauh, barulah jelas duduk persoalannya. Ternyata calon klien ini telah beberapa kali menjalani sesi terapi dengan terapis lain. Saat ditanya berapa fee terapi, terapis menjawab, "Ini bergantung mudah atau sulit kasus anda. Juga bergantung teknik apa yang nanti saya pakai saat menerapi anda. Kalau saya pakai sugesti, biayanya sekian rupiah. Kalau pakai regresi, sekian rupiah. Pakai terapi ego state, beda lagi. Kalau pakai EFT, beda lagi. Kalau terpaksa pakai teknik gabungan, ya harganya juga beda."

Saya sampaikan bahwa sejak tahun 2005 menjalani profesi sebagai hipnoterapis profesional hingga saat ini, saya tidak pernah menemukan kasus mudah atau sulit. Semua kasus sifatnya unik. Seringkali, kasus yang kita anggap mudah, seperti fobia, ternyata setelah diproses, apa yang terungkap di pikiran bawah sadar klien sangat kompleks. Fobia bisa jadi adalah simtom dari satu simtom lain yang berasal dari kejadian traumatik hebat. Pernah ada klien fobia ulat bulu ternyata saat diproses baru ketahuan bila ini berasal dari pengalaman pelecehan seksual berat semasa kecil. Pengalaman ini direpresi oleh pikirannya sehingga ia sendiri tidak sadar. Dan saat ini terungkap, sangat riskan bagi klien bila terapis tidak mampu menangani dengan benar. Ada lagi kasus yang tampak sangat berat, tapi setelah diproses ternyata akar masalahnya sangat sepele. Ini bisa ditangani dengan cepat. Jadi, tidak ada kasus mudah atau sulit. Yang ada, setiap kasus unik.

Sementara tentang fee, saya menentukan per sesi yang berlangsung sekitar 2 - 3 jam. Dalam satu sesi saya bisa memberi konseling dan atau terapi sesuai kebutuhan dan kesiapan klien. Saya tidak pernah menentukan fee berdasar teknik karena saat saya membantu klien saya akan gunakan semua pengetahuan, pengalaman, pemahaman, teknik, atau apapun yang saya kuasai untuk bisa membantu klien secara optimal. Seringkali dalam satu sesi terapi saya menggunakan lebih dari sepuluh teknik.

Berikut ini saya beri contoh agar jelas. Saat sesi wawancara, saya melakukan teknik waking hypnotherapy, memberi sugesti tanpa klien sadari, membantu klien memberi makna baru pada kejadian tertentu. Saya juga sering mengajari klien teknik sederhana namun sangat efektif untuk mengatasi emosi negatif seperti Hypno-EFT. Di tahap ini saja bisa dihitung berapa teknik yang digunakan.

Sebelum terapi, saat melakukan induksi, saya banyak memberi sugesti untuk memperkuat daya psikis klien. Ini satu teknik tersendiri. Kemudian, saya gunakan IMR untuk berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar klien dan hypnotic regression untuk menemukan akar masalah. Dalam proses menemukan akar masalah atau ISE biasanya akan melewati beberapa SSE. Setelah mencapai ISE, saya melakukan rekonstruksi kejadian traumatik dan resolusi trauma. Di sini ada teknik abreaksi, saya bisa menggunakan hingga tiga teknik abreaksi bergantung kondisi klien, lanjut dengan teknik RH, Gestalt, IM/IF/IP, RF, AOO, SB, dan masih banyak teknik lagi. Ini baru ISE. Hal yang sama juga dilakukan di SSE-SSE. Jalur terapi akan berbeda saat saya menggunakan EPT untuk mencari dan menemuka iEPCE.

Apakah sudah selesai sampai di sini? Belum. Ini baru separuh jalan. Proses terapi masih sangat panjang. Saya masih perlu menggunakan teknik spesifik untuk mengecek bahwa proses terapi telah benar-benar tuntas dilakukan. Tidak ada sisa emosi atau EP yang menolak proses dan hasil terapi. Teknik ini juga memastikan tidak ada EP yang sembunyi dan nanti akan mengganggu hasil terapi yang telah dicapai. Setelah semua proses dipastikan berjalan seperti yang diharapkan, baru dilakukan terminasi. Sebelum terminasi, klien kembali diberi penguatan daya psikis yang dilakukan secara compounding. Saat sudah selesai terapi, selama masih duduk di kursi terapi, pemberian sugesti, tanpa klien sadari, terus diberikan.

Mengacu pada penjelasan saya di atas, bila setiap teknik dikenakan biaya tersendiri, kira-kira berapa yang harus klien bayar? Saya tentu sangat senang bila klien minta sistem pembayarannya berdasar jumlah teknik yang digunakan. 

Ada juga calon klien yang meyampaikan pada saya bahwa biaya terapi yang ia bayar dihitung berdasar berapa SSE dan ISE. Jadi, misalnya, saat mencari akar masalah (ISE) melewati lima SSE akan beda bila hanya melewati dua SSE. Semakin banyak SSE akan semakin mahal.

Kami tidak melakukan hal ini. Yang kami hitung adalah per sesi. Dengan demikian klien tidak bingung untuk turut menghitung berapa teknik yang digunakan untuk membantu dirinya.

Terakhir, soal pahe. Kami tidak pernah melakukan hal ini. Di tempat kami, tidak ada terapi sistem paket. Bila sistem paket diterapkan, ini akan merepotkan. Misal, satu paket terdiri tujuh sesi terapi dan klien sembuh di sesi pertama. Bagaimana dengan enam sesi lainnya? Apakah masih tetap diberlakukan? Kalau tidak, apa ada diskon?

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online37
Hari ini1.201
Minggu ini18.314
Bulan ini64.729
Bulan lalu107.975
03 Facebook
04 @adiwgunawan
05 Tell Friends