AWG's Profile

DR. Adi W. Gunawan, ST., MPd., CHWA., CCH., adalah intelektual, akademisi, doktor pendidikan, clinical hypnotherapist, researcher, trainer, pakar mind technology, penulis 22 buku, dan dikenal sebagai Indonesia Leading Expert in Mind Technology dengan reputasi internasional.  

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah di SMAK Santo Yusup Malang, Adi melanjutkan pendidikan formal S1 Elektro di STTS Surabaya. Adi melanjutkan ke jenjang S2 Manajemen Pendidikan dan lulus sebagai wisudawan terbaik dengan predikat cum laude di Universitas Negeri Surabaya tahun 2006. 

Jenjang akademik tertinggi S3 telah ia selesaikan dan meraih gelar Doktor Pendidikan dari Universitas Negeri Malang dengan predikat cum laude di tahun 2012.

Saat ini Adi sedang kuliah S3 di Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta, untuk meraih gelar doktornya yang kedua dengan disertasi tentang kebijakan hipnoterapi klinis. 

Selain sebagai pakar mind technology, trainer, penulis buku laris, peneliti dan hipnoterapis klinis aktif, Adi juga adalah dosen psikologi mengajar mahasiswa S1 dan S2 di dua universitas terkemuka di Surabaya dan Jakarta. Adi juga telah mengajarkan hipnoterapis klinis untuk intervensi klinis kepada mahasiswa pascasarjana di fakultas psikologi salah satu universitas terkemuka dengan format pengajaran 100 jam tatap muka atau setara 3 semester kuliah. 

Pengalaman dan kepakaran Adi di bidang teknologi pikiran ia raih setelah melalui perjalanan pembelajaran yang sangat panjang, intensif, dan ekstensif. Adi belajar mind technology ke para pakar terbaik di bidang teknologi pikiran baik di Indonesia maupun di luar negeri:

Thn

Program

Lembaga

Trainer

Negara

2017

Penerapan Neuropsikologi dalam Praktik Klinis (Dewasa dan Anak)

IPK (Ikatan Psikologi Klinis)

Donny Hendrawan, M.Psy, Ph.D.

Indonesia

2016

Swan Protocol

ACHE

Bob Burns

Amerika

2016

Churchill's 15 Step Hypno-Healing Process

ACHE

Randal Churchill

Amerika

2016

Facet Therapy

ACHE

Stephanie Jaeger

Amerika

2016

Hypnosis for ADD/ADHD 

ACHE

Zoilita Grant

Amerika

2016

Energy Balancing Tehcniques for Rapid and Powerful Change

ACHE

Marla Brucker

Amerika

2016

Self Hypnosis

ACHE

Dr. John Butler, Ph.D

Amerika

2016

Application of Electro-Photonic Imaging (EPI) Technology in Analyzing Human Energy Field (2 day- advanced level)

@ Melbourne

Dr. Dmitry Orlov (from St. Peterburg, Russia)

Australia

2016

Application of Electro-Photonic Imaging Technology in Analyzing Human Energy Field (2 day- basic level)

@ Melbourne

Dr. Dmitry Orlov (from St. Peterburg, Russia)

Australia

2015

Advanced Mindbody Healing Workshop (Five Days)

@ Gold Coast

Team of Experts on Mindbody Healing & Brainmapping from America

Australia

2015

Mindbody Healing Workshop (Two Days) 

@ Melbourne

Team of Experts on Mindbody Healing & Brainmapping from America

Australia

2014

Hypnotic Pain Control

ACHE

John Butler

Amerika

2014

Coming to Wholeness

ACHE

Tamara Andreas

Amerika

2014

Spiritual Mind Management

ACHE

Dennis Parker

Amerika

2014

Verbal First Aid and Way Beyond

ACHE

Judith Simon Prager

Amerika

2014

Effective Insomnia Relief

ACHE

Charles Montagu

Amerika

2014

Transpersonal and Supra-personal Hypnotherapy

ACHE

Timothy Trujillo

Amerika

2013

Neurofeedback Assesment

EEG Institute

Roxana Sasu

Amerika

2013

Infra-low Frequency Neurofeedback

EEG Institute

Sue Othmer

Amerika

2013

Alpha-Theta Neurofeedback

EEG Institute

Evvy Saphiro

Amerika

2012

Clinical Hypnotherapy

(300 hours of classroom instruction, equal six semesters)

Hypnotherapy Training Institute (HTI)

Randal Churchill

Amerika

2011

Graphology

Graphotherapy & Graphocybernetics

Doodle Therapy

(5 day workshop)

Authentic Learning School Indonesia (ALESI)

Sapta Dwikardana

Indonesia

2010

Professional Course in Neurofeedback

(5 day workshop)

EEG Institute

Sue & Sigfried Othmer

Amerika

2010

Master Class in Clinical Hypnotherapy

(15 hours )

Hypnotism Training Institute

Gil Boyne

Amerika

2009

Scientific & Clinical Hypnotherapy

(2 days of one on one intensive workshop)

Hypnosis Foundation

Tom Silver

Amerika

2009

EEG Scientific Hypnotherapy

(2 days of one on one intensive workshop)

Brainwave Foundation

Tom Silver

Amerika

2009

The Awakened Mind

(19 days of one on one intensive workshop)

The Anna Wise Center

Anna Wise

Amerika

2007

Abhidhamma

(5 day workshop)

 

Pandit Kaharudin

Indonesia

2005

Brainwave 1

(5 day workshop)

The Alphalearning Institute

Sean Adam

Swiss

2005

Hypnotherapy

(2 day workshop)

Hypnotherapy Training Institute

Marleen Mulder

Amerika

2005

Hypnotherapy

(2 day workshop)

Indonesia Board of Hypnotherapy

Yan Nurindra

Indonesia

2004

Hypnosis

(2 day workshop)

Indonesia Board of Hypnotherapy

Yan Nurindra

Indonesia

2002

Transformational Thinking

(5 day workshop)

Transformational Thinking Inc

Bill Gould

Amerika

2002

Accelerated Learning

(5 day workshop)

The Accelerated Learning Institute & Training Center

Tom Madden

Amerika

1994

Silva Method

(5 day workshop)

Theta Institute

Lasmono Dyar

Indonesia

aa

Kecintaannya pada dunia mind technology mendorong Adi untuk melakukan riset mendalam khususnya di bidang hipnoterapi klinis. Ia saat ini sedang menyiapkan data riset mutakhir di bidang hipnoterapi klinis, melalui tim Research and Development di Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology, sebagai bahan menulis disertasi untuk meraih gelar doktor yang kedua. 

Adi menjadi trainer sejak sejak tahun 2002 dan telah berbicara kepada lebih dari 100.000 peserta seminar dan workshop. 

Satu keunikan Adi adalah ia, berdasar pengetahuan dan pengalamannya melakukan terapi kepada sangat banyak klien, telah mengembangkan teori pikiran bawah sadar yang ia gunakan sebagai dasar untuk mencipta Quantum Hypnotheraputic Protocol (QHP). QHP adalah protokol terapi yang Adi gunakan dalam menangani klien dengan beragam kasus dengan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Adi juga telah mengembangkan teknik induksi khusus yang telah terbukti mampu membawa klien tipe apa saja masuk  ke kondisi profound somnambulism dan lebih dalam lagi dengan tingkat keberhasilan di atas 99%. 

Selain itu, Adi bersama tim Advanced Research and Development yang ia bentuk telah mengkaji, menyempurnakan, dan mencipta banyak teknik intervensi klinis baru untuk menangani berbagai kasus klinis dengan sangat efektif.  

Semua dedikasi dan kerja keras Adi bersama segenap hipnoterapis alumni pelatihannya akhirnya membuahkan hasil yang luar biasa. 

Berkat kepakarannya di bidang mind technology dan transformasi diri, Adi telah sangat sering diundang berbicara di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, baik di dalam maupun di luar negeri, khusus untuk perubahan dan peningkatkan kinerja perusahaan. 

Adi juga banyak memberikan masukan, saran, dan pelatihan bagi HRD Dept. berbagai perusahaan guna meningkatkan pemahaman akan proses perubahan yang berhubungan dengan peningkatan kinerja secara terukur. 

Bulan April 2012 Adi, sebagai pribadi, dan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology mendapatkan 3 (tiga) penghargaan dan pengakuan internasional dari American Council of Hypnotist Examiners (ACHE), Amerika.  

ACHE adalah lembaga akreditasi pertama di Amerika, dan bahkan di dunia, yang memberikan penilaian atau akreditasi pada lembaga yang mengajarkan hipnoterapi. ACHE didirikan oleh legenda hipnoterapi dunia, Gil Boyne, dan juga Randal Churchill. ACHE juga adalah lembaga pertama di Amerika yang mendapat pengakuan dari pemerintah federal Amerika untuk melakukan akreditasi terhadap standar mutu, kurikulum, dan pelatihan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga hipnoterapi. 

ACHE melakukan akreditasi dengan standar yang sangat tinggi dan sangat ketat. Sangat jarang ada lembaga yang berhasil mendapatkan akreditasinya karena salah satu syaratnya adalah lama pendidikan harus minimal 200 (dua ratus) jam tatap muka di kelas. 

Pengakuan dan penghargaan ACHE kepada Adi dan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology:  

1. Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology adalah satu-satunya lembaga hipnoterapi di Indonesia yang diterima dan diakui sebagai Approved Hypnotism School oleh ACHE, Amerika. (http://goo.gl/Oqmpzr)

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi dan pengakuan sebagai Approved School dari ACHE bukahlah hal yang mudah. Prosesnya cukup panjang dan rumit. Pertama, mereka akan cek sekolah atau lembaga ini sudah berapa lama berdiri. Kedua, siapa trainernya dan latar belakang pendidikan hipnoterapinya, belajarnya di mana, kapan, berapa lama/jam, siapa trainernya, mana bukti sertifikatnya, dll. Ketiga, kurikulum yang diajarkan di lembaga ini apakah sejalan dengan yang disetujui oleh ACHE. 

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Approved School yaitu harus menyerahkan kurikulum yang diajarkan dan harus dalam format lama belajar minimal 200 (dua) ratus jam tatap muka di kelas. Kurikulum ini mereka pelajari dengan saksama dan diberi penilaian. 

Dengan mendapatkan sertifikasi sebagai Approved School berarti kurikulum hipnoterapi klinis yang diajarkan di Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology diakui minimal sama dengan standar kurikulum yang ditetapkan ACHE dan dengan demikian apa yang diajarkan sejalan dengan peraturan dan perundangan yang berlaku di Amerika. 

 2. Adi W. Gunawan adalah satu-satunya trainer hipnoterapi klinis di Indonesia yang diakui sebagai Certified Hypnotherapy Instructor oleh ACHE, Amerika. 

Proses untuk mendapatkan ini juga cukup menarik dan menantang. Syarat utama untuk bisa diakui sebagai pengajar hipnoterapi oleh ACHE yaitu si trainer harus bisa membuktikan bahwa ia telah secara aktif mempraktikkan hipnoterapi minimal 3 tahun. Dan juga harus ada bukti bahwa ia telah mengajar secara aktif dan berkelanjutan dalam kurun waktu ini. 

Syarat lain adalah ACHE meminta bukti sertifikat di mana calon Certified Hypnotherapy Instructor pernah belajar hipnoterapi. Dan yang lebih sulit lagi adalah ACHE hanya mengakui atau menerima sertifikat dari lembaga atau sekolah hipnoterapi yang juga punya akreditasi sebagai Approved School dengan masa studi minimal 200 jam tatap muka. Selain memiliki sertifikasi pelatihan hipnoterapi klinis 300 jam Adi juga memiliki sertifikat Master Class in Clinical Hypnotherapy yang didapat dari Gil Boyne. 

3. Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology adalah satu-satunya lembaga  yang dipercaya sebagai Designated Examiner mewakili ACHE untuk wilayah Indonesia. 

Sebagai Designated Examiner, Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology dipercaya untuk melakukan penilaian atau akreditasi, atas nama ACHE, terhadap lembaga atau sekolah hipnoterapi di Indonesia bila ingin mendapat sertifikasi sebagai Approved School dari ACHE. Ini tentunya adalah satu posisi yang sangat strategis dan merupakan kepercayaan yang sangat besar dari ACHE kepada Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology. 

4. Adi W. Gunawan telah menempuh pendidikan hipnoterapi klinis di Hypnotherapy Training Institute, Amerika, seperti yang disyaratkan oleh ACHE dan berhasil mendapat sertifikasi sebagai Clinical Hypnotherapist (certf. # CHT 412-152), dan secara konsisten menempuh pendidikan lanjutan di organisasi ACHE sebagai syarat untuk bisa memperpanjang sertifikasi hipnoterapi klinis (CCH).  

Sejak tahun 2002 hingga saat ini, Adi telah diundang dan berbicara di lebih dari 300 lembaga dan perusahaan nasional dan multinasional. 

Selected Clients List: 

Korporasi

Lembaga Pendidikan

AMA Jakarta

Astra International

Avian, PT

AXA Financial

AXA Life Indonesia

Bank BNI 46

Bank Central Asia

Bank Eka

Bank Permata

Bio Young, MLM

Bringin Life Insurance

Columbia

Direktorat Jendral Pajak

Global Art – Indonesia

Generalie Insurance

Graha Santika Hotel, Semarang

Gramedia Pustaka Utama, PT

HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia)

Hotel Graha Santika, Semarang

IMC (Indonesia Manager Club)

IMC (Indonesia Millionaire Club)

Indonesia Marketing Association

INTI (Perhimpunan Indonesia Tionghoa)

Kangsen Khenko

Krama Yudha Tiga Berlian

Learning Dynamics Inc, Malaysia

Liberty Group

ORACLE

Pama Persada, PT

Pertamina

PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia)

Prudential Insurance

Pupuk Kaltim, Bontang

Radio JJ FM - Surabaya

Radio Kosmonita - Surabaya/Malang

Radio Sonora - Surabaya

Ramsay Health Care

Ray White

Riau Andalan Pulp & Paper

Telkom

Thiess Contractor

Tirta Investama (AQUA)

Zhulian Corporation

Advent, SMU - Malang

Anugerah Pekerti, Surabaya

Budi Bhakti, TK/SD – Samarinda

Diknas Jogjakarta

Diknas Kota Tarakan

Diknas Provinsi Jakarta

Diknas Provinsi Jawa Timur

Institute Teknologi Sepuluh November (ITS)

Mater Dei – SMP, Probolinggo

Metta School, Surabaya

PETRA -  SD , Surabaya

PETRA -  SMP, Surabaya

PETRA -  SMU, Surabaya

PETRA – TK , Surabaya

Santa Maria – SMA, Surabaya

Santa Maria – SMP, Malang

Santo Yusup – SMAK, Malang

Santo Yusup – SMPK, Malang

SD Gloria, Surabaya

SD Kristen 3, Klaten

SMU BOPKRI I – Jogjakarta

Sony Sugema College

STIKOM - Surabaya

STTS – Surabaya

Tarsisius Vireta Tangerang

Universitas Dr. Sutomo, Surabaya

Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Universitas Hassanudin, Makassar

Universitas Indonesia, Jakarta

Universitas Kristen Petra, Surabaya

Universitas Ma Chung, Malang

Universitas Maranatha, Bandung

Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Surabaya            

Universitas Gunadarma Jakarta

Universitas Paramadina, Jakarta

Universitas Soegijapranata

Universitas Sriwijaya

Universitas Tarumanegara, Jakarta

Universitas Widya Mandala, Surabaya

Xin Zhong – Surabaya

YPPI, Sekolah – Surabaya

Upcoming Events
Counter
Online31
Hari ini1.240
Minggu ini18.353
Bulan ini64.768
Bulan lalu107.975
03 Facebook
04 @adiwgunawan
05 Tell Friends