Hipnoterapi Lewat Telpon?

30 Januari 2019 18:42

 

Saya dapat pertanyaan dari seorang sahabat, “Pak Adi, saya mau nanya bagaimana tanggapan bapak mengenai hipnoterapi yang dilakukan melalui telpon?”

Ini bukan pertanyaan baru bagi saya. Sejak awal saya praktik sebagai hipnoterapis klinis, saya sering diminta melakukan hipnoterapi melalui telpon. Apakah bisa hipnoterapi dilakukan melalui telpon?

Hipnoterapi terdiri dari dua kata, hipnosis dan terapi. Dengan demikian, hipnterapi adalah terapi yang dilakukan dalam kondisi hipnosis. Kondisi hipnosis adalah kondisi kesadaran khusus, berbeda dengan kondisi sadar normal, dan secara umum dicapai melalui salah satu dari empat cara: heterohipnosis (hipnosis yang dilakukan seseorang ke orang lain), autohipnosis (hipnosis yang terjadi secara otomatis tanpa diinginkan atau disadari oleh individu), swahipnosis (hipnosis yang dilakukan seseorang pada dirinya sendiri) dan parahipnosis (kondisi hipnosis yang muncul karena pengaruh obat).

Saya menggunakan kata “secara umum” pada kalimat di atas karena sejatinya ada banyak cara lain untuk masuk kondisi hipnosis. Ini tidak saya bahas di sini agar kita fokus pada topik yang dibahas di artikel ini.

Kondisi hipnosis memiliki banyak kedalaman. Ada pakar menggunakan skala 1 – 5,  1 – 30, dan 1 – 50. Saya menyusun skala kedalaman hipnosis yang saya beri nama Adi W. Gunawan Hypnotic Depth Scale dengan skala kedalaman mulai 1 – 40. Pada setiap kedalaman muncul fenomena fisik dan mental berbeda. Secara umum, kedalaman hipnosis dibagi menjadi empat kelompok: dangkal, menengah, dalam, dan ekstrim.

Teknik terapi dalam hipnoterapi bisa berupa apa saja. Intinya, bila suatu teknik digunakan pada klien dalam kondisi hipnosis maka ini adalah hipnoterapi. Teknik-teknik dalam hipnoterapi antara lain: sugesti, metafora, positive programmed imagery, regresi (ada sangat banyak teknik), inner-child, forgiveness, ego personality (ada banyak varian), abreaksi / katarsis, rewriting history, pemaknaan ulang, revisiting the future, dan masih banyak lagi.

Setiap proses hipnoterapi selalu butuh kondisi hipnosis. Kondisi hipnosis ini dicapai baik melalui induksi formal maupun nonformal. Intinya, tanpa kondisi hipnosis, terapi yang dilakukan, menggunakan teknik apapun, bukan hipnoterapi. Dan kedalaman hipnosis yang perlu dicapai klien, untuk terapi yang efektif dan efisien, sepenuhnya bergantung pada teknik yang digunakan. Ada teknik yang butuh kedalaman dangkal, menengah, dalam, dan ekstrim.

Apakah bisa hipnoterapi dilakukan lewat telpon? Jawabannya bisa, bergantung teknik yang digunakan. Bila yang dimaksud dengan hipnoterapi adalah kondisi hipnosis plus teknik sugesti, ini tentu sangat bisa.

Hipnoterapi berbasis sugesti, secara sederhana, hanya butuh tiga hal. Pertama, kedalaman hipnosis minimal menengah, dan lebih baik lagi dalam hingga ekstrim. Kedua, skrip sugesti yang disusun dengan cermat, mengikuti aturan baku penulisan skrip sugesti yang baik. Ketiga, kemampuan terapis menyampaikan sugesti dengan baik kepada pikiran bawah sadar klien. Ini semua bisa dilakukan lewat telpon dalam waktu relatif singkat, sekitar 15 – 30 menit.

Hipnoterapi, menurut hemat saya, tidak bisa atau tidak boleh dilakukan lewat telpon bila mengutamakan dan mengandalkan teknik-teknik hipnonanalisis, mencari akar masalah, menggunakan teknik abreaksi, regresi, ego personality, rewriting history, dan teknik-teknik lainnya, selain teknik sugesti.

Tentu akan sangat berbahaya bila misalnya klien mengalami abreaksi, tiba-tiba telpon terlepas dari genggamannya dan komunikasi dengan terapis terputus. Klien bisa terkunci di kondisi ini.

Demikian pula bila misalnya terjadi aktivasi ego personality (EP) yang sifatnya keras atau ganas, dan ini sering kami jumpai di ruang praktik, dan EP ini menolak berbicara dan memutus komunikasi dengan terapis. Bila EP ini tidak dinonaktifkan atau dinetralisir maka ia bisa terus aktif dan menguasai klien. Ini tentu sangat berbahaya. Proses terapi berbasis hipnoanalisis butuh waktu antara dua hingga lima jam. Ini tentu tidak bisa dilakukan lewat telpon.

Saya dan hipnoterapis AWGI tidak melakukan hipnoterapi lewat telpon karena alasan di atas. Dan dari pengalaman klinis kami, hipnoterapi yang mengutamakan mencari, menemukan, dan memroses tuntas akar masalah memang butuh waktu lebih lama, prosesnya lebih kompleks, namun sangat efektif dan hasil terapinya bertahan lama. Ini jauh lebih efektif daripada hipnoterapi yang hanya berbasis sugest.

 

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online15
Hari ini438
Minggu ini7.615
Bulan ini46.739
Bulan lalu73.407
03 Facebook
04 @adiwgunawan
05 Instagram
05 Tell Friends