Hipnotis, Hipnoterapis, dan Hipnoterapis Klinis

10 Februari 2019 00:43

Tiga istilah di atas kerap muncul di berbagai artikel yang mengulas hipnosis atau hipnoterapi. Lalu, apa bedanya?

Untuk mengerti dengan benar istilah di atas, perlu diketahui bahwa ada lima cabang ilmu hipnosis: hipnosis hiburan, hipnoterapi, hipnoanestesi, hipnosis forensik, dan hipnosis eksperimen.

Hipnotis adalah orang yang memelajari dan mempraktikkan hipnosis hiburan. Hipnoterapis adalah mereka yang mempraktikkan hipnoterapi. Pengetahuan dan kecakapan seorang hipnoterapis pasti lebih mumpuni daripada hipnotis.

Hipnoterapis bisa melakukan hipnosis hiburan. Sementara hipnotis tidak bisa melakukan hipnoterapi karena mereka memang tidak dilatih untuk ini. Dan hipnoterapis klinis adalah hipnoterapis yang telah mengikuti pendidikan tingkat lanjut.

Jadi, secara jenjang pendidikan dan tingkat kecakapan, paling awal adalah hipnotis, kemudian hipnoterapis, dan paling tinggi adalah hipnoterapis klinis.

Untuk menjadi hipnotis biasanya hanya perlu ikut pelatihan satu hari. Untuk menjadi hipnoterapis, ini bergantung lembaga atau pengajarnya. Ada yang dua hari, empat hari, dan saat ini, di Indonesia, paling lama adalah sepuluh hari pelatihan.

Hingga saat ini di Indonesia, sepengetahuan saya, hanya ada satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan hipnoterapi hingga ke jenjang hipnoterapis klinis. Untuk menjadi hipnoterapis klinis, lembaga ini mensyaratkan pesertanya telah ikut pelatihan hipnoterapis sepuluh hari atau 110 jam tatap muka di kelas. Ini tidak termasuk latihan dan praktik mandiri.

Setelahnya, mereka ikut lagi pelatihan selama sembilan hari atau 100 jam tatap muka di kelas. Dengan demikian, untuk menjadi hipnoterapis klinis, butuh pelatihan selama sembilan belas hari atau 210 jam.

Adapun gelar untuk masing-masing jenjang: CH (certified hypnotist), CHt (certified hypnotherapist), dan CCH (certified clinical hypnotherapist).

Khusus CCH, selain certified clinical hypnotherapist, juga ada yang menggunakan kepanjangan certified consulting hypnotist. Kepanjangan yang kedua ini digunakan oleh alumni NGH (National Guild of Hypnotist).

CCH versi NGH mensyaratkan lama pendidikan 75 jam tatap muka di kelas plus 25 jam melakukan tugas, praktik, atau baca buku.

Saat ini, saya menggunakan terminologi hipnoterapis dan hipnoterapis klinis untuk membedakan dua kelompok hipnoterapis. Hipnoterapis adalah praktisi hipnoterapi yang mengutamakan praktik hipnoterapi berbasis sugesti. Dalam praktiknya, hipnoterapis tidak mencari akar masalah. Lama proses terapi yang dilakukan hipnoterapis biasanya berkisar 30 menit hingga paling lama sekitar 1 jam.

Sementara hipnoterapis klinis adalah praktisi hipnoterapi yang mengutamakan mencari dan menemukan akar masalah melalui proses hipnoanalisis. Proses terapinya butuh waktu antara 2 jam hingga 5 jam, sekali jalan.

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online9
Hari ini111
Minggu ini11.536
Bulan ini44.229
Bulan lalu78.329
03 Facebook
04 @adiwgunawan
05 Instagram
05 Tell Friends