Process Suggestion

20 Februari 2013 06:54

Pembaca, walau kita belum pernah berjumpa namun saya cukup mengenal diri Anda. Saya bisa merasakan getaran pribadi Anda saat membaca artikel ini. Dari sini saya bisa “membaca” dan mendapat gambaran siapa diri Anda:

Anda suka dan nyaman saat bersama orang  yang Anda sayangi. Namun kadang Anda juga ingin menghabiskan waktu sendirian, hanya dengan diri Anda. Sesekali Anda merasa frustrasi dengan kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam hidup Anda yang tidak sejalan dengan yang Anda inginkan.

Dalam situasi tertentu Anda bisa kehilangan kesabaran dan menjadi marah. Anda ingin lebih banyak orang menghargai diri Anda apa adanya. Anda merasa berhak untuk menjadi lebih kaya dan bahagia. Anda menyadari bahwa untuk bisa lebih berhasil Anda hanya perlu lebih fokus dan konsisten dalam melakukan apa yang selama ini telah Anda lakukan.

Kadang Anda berfantasi untuk memiliki bentuk tubuh yang lebih indah sehingga orang lain akan tertarik atau kagum pada Anda. Di lain waktu Anda kesal dengan diri Anda karena tidak menggunakan waktu dengan baik sehingga banyak waktu terbuang percuma. Anda pernah mengalami konflik diri karena ada dua hal yang ingin Anda lakukan namun Anda tidak bisa atau merasa sulit memutuskan mana yang terbaik yang akan Anda lakukan. 

Setelah membaca deskripsi di atas Anda pasti bertanya dalam hati, “Bagaimana Pak Adi bisa tahu tentang diri saya padahal kita belum pernah berjumpa?”

Hmm… inilah yang disebut dengan process suggestion. Jadi, apakah process suggestion?

Sebelum menjelaskan process suggestion saya terangkan sekilas mengenai sugesti, direct dan indirect suggestion.

Sugesti adalah komunikasi bermakna yang secara sengaja, terstruktur, dan sistematis dilakukan oleh seseorang, bisa disebut sebagai hipnotis, suggestor, operator, hipnoterapis, terhadap orang lain, yang disebut sebagai subjek, klien, atau suggestee, dengan tujuan membangkitkan respon secara sukarela di pihak subjek, yang mana respon ini tidak akan timbul tanpa adanya sugesti. 

Direct suggestion adalah sugesti yang bersifat langsung, jelas, apa adanya, tidak membutuhkan penafsiran saat disampaikan kepada subjek. Contohnya: “Tutup mata Anda!”.  Sedangkan indirect suggestion adalah sugesti yang bersifat tidak langsung. Contohnya: “Mata anda sudah menjalankan tugasnya dengan baik hingga saat ini. Apakah anda tidak merasa mata anda lelah karena terus bekerja? Berilah waktu mata anda istirahat sebentar”. 

Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai sugesti saya menyarankan untuk membaca artikel “Direct vs Indirect Suggestion” dan “Memahami Sugesti Lebih Dalam”.

Process suggestion adalah salah satu bentuk sugesti yang paling ampuh dalam dunia hipnoterapi. Dalam process suggestion terapis secara sengaja memberi klien sugesti dalam bentuk ide-ide yang bersifat umum atau bahkan ambigu. Dalam hal ini klien “diundang” untuk mengisi “ruang kosong”, dalam sugesti, dengan pemikiran atau detil-detil yang dimunculkan sendiri oleh pikiran bawah sadar klien.

Process suggestion adalah satu bentuk sugesti yang bekerja berdasarkan respon pikiran subjek dalam menafsirkan, berdasarkan proyeksinya sendiri, apa yang dimaksud oleh terapis. Terapis membuat pernyataan (sugesti) yang bersifat umum sehingga pikiran subjek memutuskan bagaimana membuat sugesti ini sesuai dan sejalan dengan situasi kehidupannya, dan sugesti ini tampak sangat tepat dan personal untuk subjek.

Inilah yang terjadi di pikiran Anda saat membaca pernyataan saya tentang diri Anda di awal artikel ini. Saya sengaja membuat “ruang kosong” dalam pernyataan saya yang saya tahu pasti akan diisi dengan detil-detil yang dimunculkan atau dipilih pikiran bawah sadar Anda.

Setelah “ruang kosong” ini terisi maka pernyataan saya di atas, yang sebenarnya adalah satu bentuk sugesti (process suggestion), diterima sepenuhnya oleh pikiran bawah sadar Anda dan diyakini sebagai satu hal yang benar.

Prinsip ini juga digunakan dalam ramalan bintang (horoskop), tukang ramal, cold reading, dan sejenisnya. Biasanya tukang ramal hanya perlu sedikit kejelian untuk membaca bahasa tubuh, cara berpakaian, atau mengerti tipe kepribadian, dan setelah itu ia membangun dan mengembangkan process suggestion yang disampaikan kepada kliennya.

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online7
Hari ini696
Sepanjang masa34.530.338
1 Facebook
2 Youtube
3 Instagram
4 Quantum Morphic Field Relaxation
5 Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia
6 The Heart Technique