Refleksi Akhir Tahun Seorang Manusia Pembelajar

31 Desember 2013 14:05

Tidak terasa kita sudah memasuki akhir tahun 2013. Waktu berlalu dengan sangat cepat meninggalkan jejak peristiwa dan kesan penuh warna dan makna. Akhir tahun adalah waktu yang tepat melakukan refleksi berbagai aspek kehidupan. Dalam kesempatan ini saya merefleksi perjalanan karir saya sebagai manusia pembelajar yang berbagi pengetahuan dan pengalaman hidup kepada publik.

Di tahun 2005 saya mulai menyelenggarakan pelatihan pengembangan diri dengan nama Supercamp Becoming a Money Magnet (SCBaMM) yang dilanjutkan dengan menulis buku dengan judul sama. Buku Becoming a Money Magnet berhasil masuk ke deretan buku laris kala itu dan hingga saat ini masih terus dicari pembaca.

Pelatihan SCBaMM  sangat diminati publik dan diselenggarakan hingga penghujung tahun 2007. SCBaMM telah berhasil membantu sangat banyak peserta mengalami perubahan hidup secara luar biasa. LOA (Law of Attraction) mereka menjadi aktif dengan sangat kuat dan menjadi Money Magnet. Ada sangat banyak testimoni yang saya dapatkan dari para alumni, baik yang dikirim lewat email, sms, atau disampaikan langsung pada saya.

Di akhir tahun 2007 terjadi satu peristiwa penting dalam hidup saya dan saya memutuskan menghentikan SCBaMM. Sebagai gantinya saya merancang pelatihan yang jauh lebih powerful dan diberi nama Quantum Life Transformation (QLT) . QLT pertama kali diselenggarakan di awal tahun 2008 bertempat di Hotel Selecta, Batu, Malang.

Di QLT ada banyak materi SCBaMM yang saya update. Tujuan semula memang masih mengajarkan cara mengaktifkan LOA dan menjadi Money Magnet. Seiring waktu berjalan, dengan saya mendalami secara all out teknologi pikiran, khususnya hipnoterapi klinis, menjadi hipnoterapis yang setiap hari membantu klien mengatasi beragam kasus, mulai kasus ringan hingga kasus berat, saya semakin mengerti cara kerja pikiran pada level terdalam, pikiran bawah sadar dan nirsadar, khususnya dalam transformasi diri.

Dalam membantu klien di ruang terapi saya menemukan satu hal penting. Setiap orang dapat berubah dengan cepat asalkan ia punya niat yang kuat dan dibantu dengan teknik yang efektif atau sesuai dengan kondisinya. Dari sinilah saya berpikir seharusnya hal yang sama juga dapat terjadi pada para peserta QLT.

Saya menyempurnakan materi QLT dengan menambahkan teori dan teknik transformasi diri yang bersumber dari teknik terapi yang digunakan di ruang praktik saya. Hanya teknik-teknik yang telah teruji secara klinis efektif dan efisien dalam membantu klien berubah yang saya ajarkan di QLT. Memang ada banyak teknik efektif yang bisa saya ajarkan. Dan setelah saya pilih dan pilah dengan sangat cermat, akhirnya didapatkan beberapa teknik yang benar-benar sangat efektif dan mudah dipraktikkan. Inilah yang diajarkan di QLT, tentunya dengan modifikasi sesuai setting dan tujuan pelatihan.

Perkembangan diri yang saya alami, pergumulan batin, dan pertumbuhan pemahaman saya akan makna dan tujuan hidup, masukan, saran, dan diskusi dengan banyak alumni QLT semuanya memberi warna yang berbeda pada setiap QLT.

Bila dulu SCBaMM  dan QLT awal bertujuan mengajarkan cara mengaktifkan LOA dan menjadi Money Magnet maka saat ini tujuan QLT sudah mengalami pergeseran signifikan.

QLT tidak lagi hanya fokus pada aktivasi LOA dan Money Magnet, walau di QLT tetap diajarkankan materi ini. Mengapa?

Pengalaman hidup saya pribadi, bukti empiris, pengalaman membantu dan menangani ribuan klien, dalam konteks hipnoterapi klinis, pemahaman lebih mendalam mengenai sifat dan hukum pikiran, proses manifestasi ide menjadi realita fisik, dan dari hasil diskusi dengan banyak alumni QLT yang mengalami perubahan hidup siginifikan membuktikan bahwa untuk mengaktifkan LOA dan menjadi Money Magnet sebenarnya sangatlah mudah.

Money Magnet adalah efek samping dari serangkaian perubahan yang jauh lebih penting yang terjadi di dalam diri. Perubahan inilah yang menjadi fondasi aktivasi LOA di aspek apa saja dalam hidup seseorang.

Berbekal pemahaman ini, kini QLT telah mengalami perluasan tujuan. Para peserta datang ke QLT dengan membawa pengharapan dan tujuan masing-masing. Ibarat seseorang menginap di hotel bintang lima dan ingin sarapan pagi, maka saat ke resto untuk sarapan mereka akan memilih makanan sesuai dengan selera mereka. Tentu tidak mungkin makan semua makanan yang tersedia.

Demikian pula para peserta QLT saat ini. Mereka datang fokus dengan tujuan masing-masing. Dan latar belakang para peserta juga sangat beragam. Saat ini, dari hasil wawancara dengan para peserta QLT diketahui tujuan mereka ikut QLT antara lain:

- mengaktifkan LOA dan menjadi Money Magnet

- meningkatkan kondisi finansial

- meningkatkan kesadaran diri

- lebih mengenal diri sendiri

- menerima, menghargai, dan mencintai diri sendiri apa adanya

- berdamai dengan diri sendiri

- menjadi suami/istri yang lebih baik

- menjadi orangtua yang lebih baik

- menjadi guru/pengajar/trainer yang lebih efektif

- menyembuhkan luka batin/trauma/fobia

- meningkatkan kualitas kehidupan spiritual 

- masuk ke kondisi khusyuk

- masuk ke kondisi meditatif yang dalam dengan cepat dan mudah

- mengalami relaksasi fisik dan mental yang dalam 

- menyembuhkan berbagai penyakit psikosomatis

- memaafkan orang/masa lalu

- belajar dan memahami cara kerja pikiran untuk transformasi diri

- memperbaharui visi dan misi pernikahan

- belajar menentukan atau menemukan passion hidup

- menjadi lebih sabar dan pengertian

- menjadi anak yang lebih mampu mengasihi orangtua

- lebih pasrah, ikhlas, dan tawakal

- lebih sabar

- mencari, menemukan, dan menghilangkan mental block penghambat sukses

- ketenangan pikiran

- hati yang damai

- lebih menghargai diri sendiri

- keluarga yang lebih harmonis

- menemukan lingkungan atau komunitas yang positif

- menjadi lebih bijak

- mengerti makna dan tujuan hidup

- mampu mengendalikan diri lebih baik

- dan masih banyak lagi lainnya

Di awal saya mengatakan bahwa Money Magnet atau Success Magnet adalah efek samping. Lalu, apa yang mengakibatkan ini semua?
a
Semuanya kembali pada kesadaran diri, perasaan diri berharga, ketenangan pikiran, kedamaian hati, kepasrahan, dan kejelasan visi dan misi hidup.  Tanpa ini semua, apapun yang dilakukan untuk menjadi Money Magnet akan sulit terwujud.

Di pelatihan QLT terakhir saya mengajarkan teknik The Art of Manifesting. Dengan teknik ini para peserta mampu memprogram pikiran bawah sadar mereka untuk mencapai berbagai hal yang mereka inginkan, tidak hanya di aspek finansial.

Selain itu, untuk lebih meningkatkan proses, keefektifan, dan hasil QLT saya menggunakan berbagai skrip sugesti yang telah disusun dengan sangat hati-hati, dengan pilihan semantik yang cermat dan presisi, untuk memberikan efek terapeutik yang maksimal, dan dimasukkan ke pikiran bawah sadar peserta dalam kondisi relaksasi pikiran yang sangat dalam.

Saya menyampaikan terima kasih mendalam kepada para alumni QLT yang, setelah merasakan manfaat luar biasa dari QLT dan mengalami perubahan hidup signifikan, berhasil mencapai berbagai impian mereka, merekomendasikan QLT kepada rekan, sahabat, kolega, atasan, staff, dan anggota keluarga mereka.

Ijinkan saya menutup artikel ini dengan ungkapan rasa terima kasih mendalam kepada para alumni QLT atas kesempatan indah yang diberikan kepada saya berbagi pengetahuan, pengalaman, dan terutama pengharapan akan masa depan dan kehidupan yang lebih baik yang menjadi hak kita sejak lahir.

Besar harapan saya dapat jumpa dengan rekan-rekan yang membaca artikel ini di QLT tahun 2014, belajar dan bertumbuh bersama mencapai potensi maksimal demi kebaikan hidup kita.

Semoga di tahun 2014 ini kita semua diberkahi dengan kesehatan, ketenangan, kebahagiaan, kedamaian, keberlimpahan, dijernihkan pikirannya, disucikan hatinya, dan dimudahkan jalannya oleh Sang Maha Kuasa sehingga lebih mampu menjalani hidup dengan lebih sabar, pasrah, ikhlas dan tawakal…. Amin.

_PRINT   _SENDTOFRIEND

Upcoming Events
Counter
Online19
Hari ini859
Sepanjang masa34.523.601
1 Facebook
2 Youtube
3 Instagram
4 Quantum Morphic Field Relaxation
5 Asosiasi Hipnoterapi Klinis Indonesia
6 The Heart Technique